Konsep Dasar Pemrograman Web Server

Pembelajaran Komputer dan Internet - Haluw sobat blogger jumpa lagi dengan saya, kalau kemarin sempat posting mengenal mesin wordpress, maka ada baiknya sobat mengenal Konsep Dasar Pemrograman Web Server. Ok tanpa banyak cakap disimak penjelasan berikut lol naughtyric

Pengertian Web Server

Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain, yang tepatnya berada di dalam WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama-sama. Sebuah webpage adalah dokumen yang ditulis daam format HTTP (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yakni protocol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai internet melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Jaringan Internet dibagi menjadi dua yakni Web-client yang bertarti komputer yang mengakses dan membaca Web-pages yang terdapat dalam web server. Web-server yakni komputer yang menyimpan file Web-pages yang nantinya akan diakses oleh web-client. Web Server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui HTTP dari client yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk doumen HTML.

Beberapa contoh Web Server yang sering digunakan di Internet

a) Apache Web Server (http:/www.apache.org).
b) Internet Information Service, IIS (http://www.microsoft.com/iis).
c) Xitami Web Server (http://www.xitami.com).
d) SunJavaSystemWebServer (http://www.sun.com/software/products/web_srvr/home_web_srvr.xml)

Aplikasi Pendukung Web Server

a) Text Editor
Digunakan untuk penulisan source code HTML dan Script PHP. Contoh Macromedia Dreamweaver, Notepad, Microsoft Frontpage dan lain sebagainya.

b) Web Browser
Digunakan sebagai media mempublikasikan halaman web. Contohnya Microsoft Internet Explorer, Mozila FireFox dan lain-lain.

c) Server Side Scripting
Merupakan teknologi scripting atau pemrograman web dimana script dikompilasi atau diterjemahkan di server. Contohnya seperti ASP, ColdFusion, Java Server Page, Perl, Pyton, PHP. Yang paling umum digunakan adalah PHP.

d) Web Server
Digunakan untuk melayani permintaan browser client yang meminta akses ke suatu halaman web yang berada di sisi server. Web server yang umum digunakan adalah Apache.

e) Database
Digunakan untuk menyimpan data dalam database dan memanipulasi data yang diperlukan. Umumnya yang sering digunakan adalah MySQL.

Nah kiranya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Konsep Dasar Pemrograman Web Server, Semoga Bermanfaat


.: Semoga Bermanfaat :.

*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...